Sunday, 12 April 2020

Tugas 1

Arsitektur Komputer adalah rancangan  sebuah kerangka komputer, dalam bidang teknik komputer biasanya yang di pelajari adalah struktur dan konsep perencanaan dan pengoprasian dari sistem Komputer.

Arsitektur komputer juga mempelajari komponen-komponen sistem komputer yang berhubungan dengan pemrograman. Itu semua akan berdampak langsung pada perintah logis sebuah program. Sebagai contohnya set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik peng-alamatan, dan mekanisme input/output.

Arsitektur Komputer  merupakan seni ataupun ilmu tentang bagaimana menghubungkan komponen komputer hingga dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat beroperasional.

Contoh: Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O

Organisasi Komputer adalah ilmu yang mempelajari komponen komputer yang saling dengan unit-unit operasional dan komponen komputer lainnya,


Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.

Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol.

Cara Kerja Struktur Unik Kontrol


Ketika sebuah komputer pertama kali diaktifkan power-nya, maka komputer tersebut menjalankan operasi bootstrap. Operasi ini akan membaca sebuah instruksi dari suatu lokasi memory yang telah diketahui sebelumnya dan mentransfer instruksi tersebut ke control unit untuk dieksekusi. Instruksi-intruksi dibaca dari memory dan dieksekusi sesuai dengan urutan penyimpanannya. Program counter dari suatu computer menyediakan suatu cara untuk menyimpan lokasi instruksi berikutnya. Urutan eksekusi berubah dengan memindah lokasi intruksi baru ke program counter sebelum pembacaan (fetch) instruksi dikerjakan. Sebuah intruksi merupakan kalimat imperatif pendek yang sudah dapat menjelaskan makna dari perintah tersebut. Suatu intruksi terdiri dari :
1.      subjek (komputernya)
2.      verb (suatu kode operasi yang mengindikasikan pekerjaan apa yang akan dilaksanakan)
3.      objek (operands) yang mengidentifikasikan nilai data atau lokasi memory.







Sumber
https://garudacyber.co.id/artikel/553-perbedaan-arsitektur-dan-organisasi-komputer
http://student.blog.dinus.ac.id/titowae/2015/06/24/perbedaan-organisasi-komputer-dengan-arsitektur-komputer/
http://pongset.blogspot.com/2012/05/control-unit-dan-cara-kerjanya.html

No comments:

Post a Comment